2 Tahun Operasional Whoosh Sudah Angkut 12 Juta Penumpang

JAKARTA -- Sejak resmi beroperasi secara komersial pada 17 Oktober 2023, Whoosh telah melayani lebih dari 12 juta penumpang dengan rata-rata pertumbuhan yang konsisten setiap bulan. Puncaknya terjadi pada bulan Juni 2025 dengan 26.770 penumpang dalam satu hari.
Dalam rangka memperingati dua tahun operasionalnya, layanan kereta cepat Whoosh menegaskan posisinya sebagai moda transportasi masa depan dengan kinerja yang solid, aman, dan berkelanjutan.
Mengusung tema “Sustainability For A World Class Operator”, momentum ini menjadi refleksi perjalanan Whoosh dalam menghadirkan standar layanan kelas dunia sekaligus memperkuat kontribusi bagi ekonomi nasional.
“Dari sisi operasional, Whoosh telah menuntaskan hampir 40 ribu perjalanan dengan tingkat ketepatan waktu mencapai 99,9 persen dan zero accident sepanjang dua tahun perjalanan. Capaian ini menegaskan komitmen KCIC terhadap keselamatan, keandalan sistem, dan keunggulan pelayanan yang menjadi prioritas Utama,” ujar General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa.
Minat wisatawan mancanegara juga terus meningkat. Hingga September 2025, Whoosh telah melayani 566.829 penumpang asing. Ini menjadikannya salah satu destinasi pengalaman wisata unggulan di Indonesia, sekaligus memperkuat citra positif sektor transportasi nasional di mata dunia.
Dalam aspek layanan pelanggan, program loyalitas Frequent Whoosher Card (FWC) mencatat pertumbuhan signifikan. Hingga Oktober 2025, total 20.996 kartu telah diterbitkan. Jumlah ini melonjak hampir lima kali lipat dibanding pembelian di tahun sebelumnya, sejalan dengan meningkatnya kepercayaan dan loyalitas pelanggan terhadap layanan Whoosh.
Eva menambahkan, selain mengembangkan bisnis transportasi, Whoosh juga memperluas ekosistem ekonomi di sekitar kawasan stasiun. Saat ini, tersedia 188 tenant untuk mendukung kenyamanan penumpang saat berada di seluruh stasiun Whoosh.
Jumlah tersebut terdiri dari 76 tenant UMKM dan 112 tenant non-UMKM yang menawarkan berbagai produk dan layanan mulai dari makanan, minuman, suvenir, hingga perlengkapan perjalanan
Selain produk makanan dan minuman, KCIC juga menghadirkan Whoosh Official Merchandise di Stasiun Padalarang dan Halim. Tenant resmi ini menyediakan berbagai produk seperti kaus, totebag, tumbler, hingga gantungan kunci dengan desain khas Whoosh.
Merchandise ini cocok dijadikan oleh-oleh atau kenang-kenangan perjalanan, dan bisa dibeli langsung oleh penumpang di area stasiun sebelum atau sesudah perjalanan.
Kolaborasi dengan berbagai mitra terus dihadirkan untuk memberikan kemudahan penumpang untuk menuju destinasi lanjutan dari stasiun kedatangan. Diskon dan promo menarik bagi penumpang terus dihadirkan untuk memberikan nilai tambah bagi penumpang yang menggunakan Whoosh.
“Dua tahun perjalanan Whoosh menjadi simbol transformasi dan ketahanan sektor transportasi modern Indonesia. Melalui penerapan teknologi tinggi, tata kelola yang akuntabel, serta orientasi pada keberlanjutan lingkungan dan sosial, Whoosh terus memperkuat langkah menuju visinya sebagai operator transportasi berkelas dunia yang berkelanjutan,” tutur Eva.