Home > Loko

2 Tahun Beroperasi, LRT Jabodebek Terus Tunjukkan Tren Positif

LRT Jabodebek memperkuat konektivitas dengan berbagai moda.
Ilustrasi. Memasuki usia dua tahun operasional, LRT Jabodebek terus menunjukkan tren positif sebagai moda transportasi modern pilihan masyarakat. (Foto: Dok. Humas KAI)
Ilustrasi. Memasuki usia dua tahun operasional, LRT Jabodebek terus menunjukkan tren positif sebagai moda transportasi modern pilihan masyarakat. (Foto: Dok. Humas KAI)

JAKARTA -- LRT Jabodebek terus menunjukkan tren positif sebagai moda transportasi modern pilihan masyarakat saat memasuki usia dua tahun operasionalnya.

Hingga 24 September 2025, LRT Jabodebek telah melayani 45.874.407 pelanggan, sebuah capaian yang mencerminkan kepercayaan publik terhadap layanan KAI Group di kawasan Jabodetabek.

Sebagai bagian dari strategi besar KAI Group dalam membangun transportasi massal terintegrasi, LRT Jabodebek memperkuat konektivitas dengan berbagai moda. Stasiun Halim yang terkoneksi dengan kereta cepat Whoosh mencatat 1.041.846 pelanggan tap in dan 831.829 pelanggan tap out.

Stasiun Cikoko terhubung dengan Commuter Line telah melayani 3.682.684 pelanggan tap in dan 3.729.617 pelanggan tap out. Adapun Stasiun BNI City sebagai simpul integrasi dengan Commuter Line dan MRT Jakarta mencatat 7.405.570 pelanggan tap in dan 6.861.391 tap out sepanjang periode 28 Agustus 2023 hingga 24 September 2025.

Tren positif juga tercermin dari moda transportasi lain di bawah KAI Group. Layanan Whoosh yang dikelola KCIC mencatat 4.052.009 pelanggan pada Januari–Agustus 2025, tumbuh 5,52 persen dibanding periode yang sama 2024.

Commuter Line Jabodetabek pada periode Januari–Agustus 2025 telah melayani 226,7 juta pelanggan, naik dari 214,2 juta pelanggan pada periode yang sama tahun lalu.

Dalam momentum HUT LRT Jabodebek bertajuk LRT 2Grow: Every Ride, Levels You Up!, KAI Group secara resmi meluncurkan identitas baru LRT Jabodebek berupa maskot Reno dan tagline “Transportasi Cerdas, Mobilitas Tanpa Batas” pada Kamis, 25 September 2025 di Plaza Stasiun LRT Ciracas.

Maskot Reno, karya Giant Tahta Pahlawan, menghadirkan figur humanoid modern yang ramah, penuh semangat, dan futuristik. Nama Reno merupakan akronim dari tRain attENdant is my herO, yang merepresentasikan peran Train Attendant sebagai garda terdepan pelayanan.

× Image