Home > Loko

Puncak Arus Liburan Kamis (4/8), Okupansi Kereta Api Tembus 95,79 Persen

Lonjakan dipicu momentum libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW yang berlanjut hingga akhir pekan.
Ilustrasi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat lonjakan penumpang signifikan pada puncak arus liburan Kamis (4/9). (Foto: Dok. Humas KAI)
Ilustrasi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat lonjakan penumpang signifikan pada puncak arus liburan Kamis (4/9). (Foto: Dok. Humas KAI)

JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat lonjakan penumpang signifikan pada puncak arus liburan Kamis (4/9). Okupansi sudah mencapai 95,79 persen.

Hingga pukul 09.00 WIB, tiket kereta api yang telah terjual mencapai 156.877 dari total 163.770 tempat duduk yang disediakan, atau setara dengan okupansi 95,79 persen. Angka ini diperkirakan terus bertambah seiring masih berlangsungnya penjualan tiket.

Lonjakan tersebut dipicu momentum libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW yang berlanjut hingga akhir pekan.

Data sementara per 4 September pukul 09.00 WIB mencatat jumlah tiket yang sudah terjual untuk periode 4–8 September 2025 sebagai berikut:

•Kamis, 4 September 2025: 156.877 tiket

•Jumat, 5 September 2025: 122.182 tiket

•Sabtu, 6 September 2025: 87.774 tiket

•Minggu, 7 September 2025: 130.835 tiket

•Senin, 8 September 2025: 64.498 tiket

Secara total, sudah terjual 562.166 tiket atau 68,73 persen dari kapasitas 817.949 tempat duduk yang disediakan KAI selama periode 4–8 September 2025.

Untuk mengantisipasi lonjakan kebutuhan masyarakat, KAI juga menyediakan tambahan 44.337 tempat duduk pada rute-rute favorit seperti Jakarta–Surabaya, Jakarta–Purwosari, Jakarta–Banyuwangi, Jakarta–Blitar, Jakarta–Yogyakarta, Jakarta–Bandung, dan Jakarta–Semarang.

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba, menyampaikan capaian ini menjadi bukti tingginya kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api.

“Bagi banyak keluarga, libur panjang Maulid Nabi yang berlanjut hingga akhir pekan menjadi momen untuk pulang kampung, berkunjung, atau merayakan kebersamaan," kata Anne.

Tingginya okupansi ini, lanjut Anne, menegaskan kereta api telah menjadi pilihan utama masyarakat karena mampu menghadirkan perjalanan yang aman, nyaman, dan tepat waktu di tengah momen istimewa tersebut.

Anne juga mengingatkan pelanggan untuk tiba lebih awal di stasiun, mengikuti arahan petugas, serta menjaga ketertiban dan fasilitas bersama. Dengan begitu, perjalanan liburan dapat berlangsung lebih lancar dan menyenangkan bagi semua penumpang.

“Bagi masyarakat yang belum memiliki tiket, segera lakukan pemesanan agar tidak kehabisan. Prosesnya mudah melalui aplikasi Access by KAI. Informasi lebih lanjut mengenai ketersediaan tiket juga bisa diperoleh melalui Contact Center KAI 121 atau WhatsApp di 0811-2223-3121,” jelas Anne

× Image