Home > Loko

Penumpang Kereta Api Diminta Jaga Ketertiban Umum

KAI mengumbau kepada seluruh penumpang untuk saling menghormati agar perjalanan aman dan nyaman.
Ilustrasi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) meminta penumpang kereta api ikut menjaga ketertiban umum selama berada di dalam kereta. (Foto: Dok. Humas PT KAI)
Ilustrasi. PT Kereta Api Indonesia (KAI) meminta penumpang kereta api ikut menjaga ketertiban umum selama berada di dalam kereta. (Foto: Dok. Humas PT KAI)

JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) meminta penumpang kereta api ikut menjaga ketertiban umum selama berada di dalam kereta.

Sebelumnya, PT KAI merespons isu viral di media sosial terkait rombongan penumpang yang bersuara keras saat menggunakan KA (241) Sri Tanjung relasi Ketapang - Lempuyangan keberangkatan 12 Juli 2024, tepatnya di kereta ekonomi 6.

Kondektur dan Polsuska yang bertugas telah mengambil tindakan dengan memanggil koordinator rombongan dan memberikan penjelasan serta arahan agar tidak membuat kegaduhan di dalam kereta. Setelah itu, situasi kembali kondusif.

VP Public Relations KAI Anne Purba mengatakan, KAI mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk saling menghormati dan menghargai sesama penumpang agar perjalanan kereta tetap aman dan nayamn.

“Pelanggan dilarang bersuara keras di dalam kereta api, baik saat berbicara langsung maupun melalui telepon. Selain itu suara-suara keras dari alat eletronik seperti saat mendengarkan musik, menonton film, dan lain-lain juga tidak diperkenankan,” tegas Anne.

Anne juga berpesan kepada seluruh pelanggan kereta api untuk selalu mematuhi aturan, menjaga ketertiban, serta menjaga fasilitas kereta api dan stasiun karena layanan kereta api merupakan fasilitas umum.

KAI mempersilakan penumpang yang mengalami ketidaknyamanan selama perjalanan untuk menghubungi petugas Kondektur yang bertugas agar segera ditindaklanjuti. Nomor handphone petugas Kondektur tertera di setiap kabin kereta.

Penumpang juga dapat menyampaikan keluhan-keluhannya dengan menginfokan kode booking melalui pesan langsung (Direct Message) kepada Contact Center KAI di media sosial KAI, email cs@kai.id, WhatsApp 08111-2111-121, atau telepon di 121.

“Kami berharap semua pelanggan mematuhi aturan saat menggunakan layanan kereta api, sehingga perjalanan tetap nyaman dan menyenangkan,” kata Anne.

× Image