Home > Loko

KAI Catat Lonjakan Penumpang 23 Persen pada Periode Long Weekend Waisak

Rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut di antaranya Jakarta - Surabaya pp.
PT KAI mencatat terdapat kenaikan volume penumpang yang signifikan pada periode long weekend Waisak. (Foto: Humas PT KAI)
PT KAI mencatat terdapat kenaikan volume penumpang yang signifikan pada periode long weekend Waisak. (Foto: Humas PT KAI)

JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat terjadinya lonjakan penumpang sebanyak 23 persen pada periode long weekend Hari Raya Waisak pekan lalu.

Berdasarkan data hingga Minggu (26/5) siang, KAI mencatat terdapat kenaikan volume penumpang yang signifikan pada periode long weekend Waisak.

Pada periode Rabu (22/5) s.d Minggu (26/5), volume penumpang kereta api mencapai 797.783 penumpang atau rata-rata 159.557 penumpang per hari.

“Terdapat peningkatan penumpang 23 persen dibanding pekan sebelumnya yakni Rabu (15/5) s.d Minggu (19/5) di mana KAI melayani 650.818 penumpang atau rata-rata 130.164 penumpang setiap harinya,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus, kepada media.

Puncak arus keberangkatan pada periode long weekend tersebut yaitu pada Kamis (23/5) dengan jumlah pelanggan sebanyak 171.254 pelanggan. Sedangkan, puncak arus baliknya terjadi pada Minggu (26/5) dengan jumlah pelanggan sebanyak 164.304 pelanggan.

Adapun rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Solo pp, Jakarta - Malang pp, Yogyakarta - Banyuwangi pp, Blitar - Bandung pp.

Untuk mengakomodasi peningkatan volume pelanggan pada periode long weekend tersebut, KAI menambah 20 KA tambahan. Sehingga terdapat total sekitar 1.500 perjalanan kereta api yang melayani masyarakat untuk momen libur panjang.

“Terima kasih kami sampaikan kepada para pelanggan KAI atas pilihannya menggunakan transportasi kereta api selama libur long weekend Waisak. Kami tetap berkomitmen untuk menyediakan angkutan kereta api yang aman, selamat, nyaman, dan sehat,” tutur Joni Martinus.

× Image