KAI Operasikan 20 KA Tambahan di Long Weekend Waisak
JAKARTA -- Perjalanan menggunakan kereta api semakin tenang di momentum long weekend atau liburan panjang akhir pekan ini. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengoperasikan 20 KA Tambahan untuk mengantisipasi lonjakan pelanggan pada libur long weekend Hari Raya Waisak (23/5).
“Peningkatan jumlah perjalanan KA ini merupakan bagian dari komitmen KAI untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, terutama pada masa high season seperti long weekend ini,” kata VP Public Relations KAI Joni Martinus.
Berdasarkan pantauan pada Selasa (21/5), total tiket kereta api yang terjual untuk keberangkatan Rabu (22/5) s.d Minggu (26/5) yaitu sebanyak 455.378 tiket atau rata-rata 91.076 tiket per hari.
Jumlah tersebut mencapai 62 persen dari total keseluruhan tiket kereta api yang dijual sebanyak 740.301 tiket. Angka penjualan tiket ini masih akan terus bergerak seiring dengan mendekati masa long weekend.
KAI juga mencatat telah terjadi peningkatan penumpang pada keberangkatan Rabu (22/5) di mana terdapat 112.857 penumpang, naik 1 persen dibanding Rabu (15/5) sebanyak 111.214 penumpang.
KAI berharap masyarakat yang telah merencanakan bepergian pada periode long weekend libur Hari Raya Waisak dan belum memiliki tiket dapat segera untuk membelinya baik melalui aplikasi Access by KAI, website kai.id, ataupun chanel lainnya yang bekerja sama dengan KAI.
Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.
Sejauh ini rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta - Surabaya pp, Jakarta - Solo pp, Jakarta - Malang pp, Yogyakarta - Banyuwangi pp, Blitar - Bandung pp.
“Dalam menyediakan transportasi kereta api khususnya di masa long weekend, KAI memastikan akan melayani masyarakat dengan aman dan bebas dari kemacetan di jalan raya. Sehingga momen liburan bersama keluarga atau relasi dapat dinikmati pelanggan dengan nyaman dan menyenangkan,” tutur Joni Martinus.