KAI Layani 154 Ribu Pelanggan KA Jarak Jauh Pada Puncak Libur Natal 2022
JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat puncak libur Natal 2022 menggunakan Kereta Api Jarak Jauh terjadi pada H-2 Libur Natal atau Jumat 23 Desember 2022.
Pada tanggal tersebut terdapat 154.920 orang yang berangkat menggunakan KA Jarak Jauh dari berbagai tujuan untuk berlibur ataupun pulang ke kampung halaman.
Jumlah pelanggan tersebut okupansinya mencapai 114 persen di mana KAI pada tanggal 23 Desember menyediakan sebanyak total 135.339 tempat duduk KA Jarak Jauh. Untuk melayani pelanggan pada puncak libur Natal ini, KAI mengoperasikan 236 KA Jarak Jauh.
Volume pelanggan KA Jarak Jauh tersebut meningkat 21 persen dibandingkan keberangkatan tanggal 22 Desember di mana KAI melayani 128.224 pelanggan KA Jarak Jauh.
Selanjutnya pemesanan tiket diprediksi akan kembali meningkat saat Libur Tahun Baru 2023 pada keberangkatan 1 Januari 2023. Sampai dengan saat ini berdasarkan data penjualan maka puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 1 & 2 Januari 2023.
Mayoritas pelanggan KA Jarak Jauh melakukan perjalanan pada puncak libur Natal tersebut dengan keberangkatan dari Jakarta disusul kota-kota besar lainnya. Rinciannya, terdapat 17 ribu pelanggan KA Jarak Jauh yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 14 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir, 11 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Bandung, 10 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Surabaya Gubeng, dan 6 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Pasar Turi.
Adapun relasi favorit pelanggan KA Jarak Jauh pada periode tersebut yaitu Jakarta - Yogyakarta, Jakarta - Bandung, Jakarta - Surabaya, Jakarta - Purwokerto, Bandung - Jakarta, Bandung - Surabaya, Surabaya - Yogyakarta, dan lainnya.
VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pelanggan karena telah memercayakan perjalanan di masa libur Natal ini kepada KAI. Ia menilai seluruh pelanggan juga tertib dan mematuhi protokol kesehatan selama menggunakan layanan KAI.
“Kami juga mengimbau kepada masyarakat yang hendak menggunakan kereta api di masa libur Natal dan Tahun Baru ini untuk merencanakan perjalanan dengan baik, karena ketersediaan tiket masih cukup banyak,” ujar Joni.
Joni melanjutkan, tipikal pelanggan sekarang ini adalah membeli tiket dengan tempo mendekati tanggal keberangkatan seperti pada H-2, H-1, bahkan melakukan pembelian langsung (go show) di hari keberangkatan. Ia mengimbau masyarakat untuk segera memesan tiket kereta api di aplikasi KAI Access, website KAI, dan seluruh channel penjualan resmi KAI lainnya.