KAI Laku Jualan Layanan Kereta Suite Class dan Luxury
JAKARTA -- Penjualan layanan kereta suite class dan luxury oleh PT KAI terbilang laku. Hingga September 2024, peningkatan penjualan tiket untuk kedua kelas ini terus bertambah
Penambahan tersebut ditengarai karena adanya fitur unggulan seperti kursi yang nyaman dan privat, toilet standar hotel, dan layanan eksklusif lainnya.
Sepanjang Januari hingga September 2024, KAI sudah melayani 155.607 pelanggan Suite Class Compartment dan Luxury, naik 70,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu dengan 91.208 pelanggan. Puncak kenaikan terjadi pada Juni 2024, dengan 17.160 pelanggan atau rata-rata 572 per hari.
Kereta Suite Class Compartment ini tersedia di KA Bima (Gambir – Surabaya Gubeng pp) dan KA Argo Semeru (Gambir – Surabaya Gubeng pp).
Sedangkan, kereta kelas Luxury dirangkaikan dengan KA Argo Dwipangga (Gambir – Solo Balapan pp), Argo Bromo Anggrek (Gambir – Surabaya Pasar Turi pp), Argo Lawu (Gambir – Solo Balapan pp), Argo Parahyangan (Gambir – Bandung pp), Gajayana (Gambir – Malang pp), Sembrani (Gambir – Surabaya Pasar Turi pp), Taksaka (Gambir – Yogyakarta pp), dan Manahan Tambahan (Gambir – Solo Balapan pp).
Layanan kereta Suite Class Compartment dan Luxury kini tidak hanya menarik wisatawan, tetapi juga penumpang rutin yang semakin banyak menjadi pelanggan setia.
Minat terhadap layanan ini semakin meningkat, terutama setelah KAI melakukan percepatan waktu tempuh di beberapa rute. Sebagai contoh, KA Bima rute Gambir - Surabaya Gubeng, yang kini memiliki waktu tempuh 10 jam 30 menit, lebih cepat dari sebelumnya 11 jam 31 menit pada tahun 2021.
Beberapa fitur canggih disematkan dalam kereta ini seperti pintu geser otomatis dan kursi yang bisa direbahkan hingga 180 derajat, berfungsi juga sebagai tempat tidur. Kursinya pun bisa diputar agar sesuai dengan arah perjalanan.
Ada juga pengaturan suhu, fitur pijat yang bisa disesuaikan, serta baki lipat untuk makan atau bekerja. Fasilitas eksklusif lainnya juga tersedia bagi penumpang Suite Class.