Home > Peron

Bagaimana Cara Batalkan Tiket KA? Ini Infonya

Untuk kondisi tertentu proses pembatalan hanya dapat dilakukan secara manual di loket stasiun pembatalan.
Ilustrasi. Pembatalan tiket sebagian besar melalui apilkasi Access by KAI. (Foto: Dok. Humas KAI)
Ilustrasi. Pembatalan tiket sebagian besar melalui apilkasi Access by KAI. (Foto: Dok. Humas KAI)

JAKARTA -- Train lovers mungkin banyak yang belum mengetahui bagaimana cara membatalkan tiket kereta api yang sudah dibeli. Simak infonya di sini.

Sebagian besar tiket dapat dibatalkan secara online melalui Access by KAI. Namun, untuk kondisi tertentu, seperti pembatalan tiket KA Kuala Stabas, KA Rajabasa, dan KA Bukit Serelo, proses pembatalan hanya dapat dilakukan secara manual di loket stasiun pembatalan.

Syarat dan Ketentuan Pembatalan Online melalui Access by KAI:

•Pembatalan dapat dilakukan maksimal 2 jam sebelum keberangkatan KA, dengan status kode booking Paid.

•Pemohon adalah penumpang yang terdaftar di aplikasi Access dengan akun pribadi.

•Pembatalan dikenakan bea 25 persen dari harga tiket (di luar biaya pemesanan).

•Dana dikembalikan melalui transfer bank atau e-wallet ke rekening salah satu penumpang dalam kode booking.

•Proses pengembalian dana membutuhkan waktu estimasi 7 hari kerja.

•Jika terdapat kesalahan input data rekening, proses pembatalan online akan gagal dan pelanggan dapat melanjutkan pembatalan secara manual di loket stasiun.

Beberapa kondisi lain yang memerlukan pembatalan manual di stasiun:

•Kode booking sudah lewat 2 jam sebelum jadwal keberangkatan KA

.•Kesalahan input data rekening saat pengajuan pembatalan online.

•Tiket terbit dari program promo tertentu yang tidak memungkinkan pembatalan online.

•Kode booking tidak ditemukan atau tidak sinkron di sistem aplikasi.

•Gangguan teknis sistem atau verifikasi data pribadi yang memerlukan validasi tambahan.

• Untuk memfasilitasi pembatalan secara manual, KAI menyediakan pelayanan di 65 stasiun yang tersebar di seluruh wilayah operasional.

× Image