Pola Operasi Perjalanan KA JJ dari Gambir dan Pasar Senen Diperpanjang Hingga 5 September

JAKARTA -- PT KAI memperpanjang rekayasa pola operasi perjalanan kereta api jarak jauh (KA JJ) keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen hingga Jumat, 5 September 2025.
Sebanyak 41 KA keberangkatan dan 11 KA kedatangan ditentukan untuk berhenti tambahan di Stasiun Jatinegara. Pada tanggal 4 dan 5 September 2025 terdapat tambahan 3 KA keberangkatan (Purwojaya KA 50F, Batavia KA 7006, Purwojaya KA 58F) dan 2 KA kedatangan (Purwojaya KA 53F, Parahyangan Fakultatif KA 141F).
Vice President of Public Relatison KAI, Anne Purba, menegaskan Stasiun Gambir dan Pasar Senen tetap beroperasi normal sebagai stasiun utama naik dan turun pelanggan sesuai jadwal.
Sedangkan, Berhenti Luar Biasa (BLB) di Stasiun Jatinegara adalah layanan tambahan bagi masyarakat yang menggunakan KA JJ tertentu, bukan penggantian layanan dari Gambir maupun Pasar Senen.
BLB merupakan langkah antisipatif sekaligus pelayanan tambahan bagi pelanggan.
“Dengan adanya pemberhentian luar biasa di Stasiun Jatinegara (Daop 1 Jakarta) maupun Stasiun Lempuyangan (Daop 6 Yogyakarta), pelanggan memiliki pilihan tambahan untuk naik dan turun kereta api. Hal ini diharapkan semakin memudahkan mobilitas masyarakat sekaligus tetap mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan keamanan,” jelas Anne.
Pola Operasi di Daop 6 Yogyakarta
Sebanyak 43 perjalanan KA jarak menengah/jauh diberlakukan BLB di Stasiun Lempuyangan pada 1 September 2025. Sama seperti di wilayah Daop 1 Jakarta, Stasiun Yogyakarta tetap melayani pelanggan sesuai jadwal normal, sementara BLB di Stasiun Lempuyangan merupakan layanan tambahan bagi masyarakat yang menggunakan KA JJ tertentu.
Anne mengimbau pelanggan untuk datang lebih awal ke stasiun, menyiapkan waktu perjalanan menuju stasiun dengan baik, serta mengikuti arahan petugas di lapangan.
“Langkah ini tidak hanya memberikan opsi tambahan bagi pelanggan, tetapi juga bagian dari usaha KAI menjaga kelancaran perjalanan kereta api perkotaan. Kami berkomitmen memastikan keselamatan, kenyamanan, serta kesiapan seluruh fasilitas stasiun dalam melayani pelanggan,” tutur Anne.
Untuk informasi lebih lanjut mengenai perjalanan kereta api, masyarakat dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui WhatsApp 081-122-233-121 atau mengakses aplikasi Access by KAI.