Argo Bromo Anggrek Anjlok: KAI Berikan Kompensasi Service Recovery

JAKARTA -- Menyusul anjloknya KA Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya Pasar Turi-Gambir, di emplasemen Stasiun Pegadenbaru, Subang, Jawa Barat, Jumat (1/8), PT KAI telah menyiapkan kompensasi berupa service recovery.
Gangguan operasional tersebut menyebabkan beberapa perjalanan kereta api yang melalui jalur Cikampek – Cirebon mengalami keterlambatan. Hal ini disebabkan oleh proses evakuasi kereta api, perbaikan jalur rel, dan penerapan pola operasi perjalanan memutar.
Akibat keterlambatan ini, KAI memohon maaf kepada para penumpang yang mengalami ketidaknyamanan. "Untuk mengantisipasi keterlambatan lebih lanjut, kami telah menyiapkan kompensasi berupa service recovery sesuai dengan peraturan yang berlaku,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba.
KAI akan memberikan kompensasi sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor PM 63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api. Kompensasi bagi penumpang yang mengalami keterlambatan adalah sebagai berikut:
Service Recovery Atas Keterlambatan
1. Keterlambatan lebih dari 1 jam:
• Pengembalian Tiket: Penumpang dapat membatalkan tiket dan mendapatkan pengembalian biaya tiket secara penuh (100 persen), kecuali biaya pesan.
• Minuman ringan: Jika tidak membatalkan tiket, penumpang akan diberikan minuman ringan.
2. Keterlambatan lebih dari 3 jam:
• Minuman dan makanan ringan berat.
3. Keterlambatan lebih dari 5 jam (kedatangan):
• Jam ke-3 keterlambatan: Penumpang akan diberikan makanan dan minuman ringan.
• Jam ke-5 keterlambatan: Penumpang akan diberikan makanan dan minuman berat.
Pembatalan perjalanan:
• Jika penumpang ingin membatalkan perjalanan karena keterlambatan lebih dari satu jam, pengembalian tiket dilakukan sesuai dengan ketentuan di atas.
• Jika perjalanan dialihkan melalui rute memutar dan penumpang memutuskan untuk membatalkan perjalanan, tiket juga akan dikembalikan 100 persen.
Pengembalian Bea Bagasi
• Pengembalian 100 persen jika penumpang tidak jadi melakukan perjalanan.
Tiket Pengganti
• Kelas lebih tinggi: Tidak ada biaya tambahan.
• Kelas turun: Pengembalian bea akan disesuaikan sesuai ketentuan.
Ketentuan Lainnya
• Pengembalian Tiket: Proses pengembalian dapat dilakukan di loket stasiun yang menyediakan layanan pengembalian secara langsung atau melalui transfer paling lambat 1x24 jam setelah pembatalan.
• Batas waktu proses pembatalan dan pengembalian bea hingga 7 (tujuh) hari (7 x 24 jam) dari tanggal dan jam keberangkatan yang tertera di tiket.