Contact Center World Asia Pacific Awards 2025: KAI Raih 8 Penghargaan

JAKARTA -- Penghargaan internasional diraih PT Kereta Api Indonesia (KAI) di ajang internasional Contact Center World Asia Pacific Awards 2025 yang digelar di Bali pada 21–26 Juli 2025.
Dalam ajang yang diikuti oleh 18 perusahaan dari 7 negara ini, KAI berhasil meraih delapan penghargaan, terdiri dari lima medali emas dan tiga medali perak di berbagai kategori layanan pelanggan.
Ajang ini merupakan bagian dari Global Top Ranking Performers Awards yang diselenggarakan oleh ContactCenterWorld.com, organisasi global yang secara konsisten mengapresiasi inovasi, dedikasi, dan kualitas tertinggi di industri contact center dan customer experience.
Ajang ini dikenal sebagai kompetisi paling kompetitif di bidangnya, hanya perusahaan-perusahaan dengan performa terbaik yang dapat lolos untuk tampil dan berkompetisi secara langsung.
KAI berpartisipasi dalam delapan kategori yang meliputi berbagai aspek strategis layanan pelanggan.
Lima penghargaan medali emas diraih dalam kategori Best Direct Response, Best Customer Loyalty, Best Public Services Center, Best Customer Service Team, dan Best Customer Experience Branch.
Sementara tiga medali perak diperoleh untuk kategori Best Employee Engagement, Best Use of Social Media, dan Best Contact Center.
Berikut perolehan medali untuk Global Top Ranking Performers Awards Asia Pacific (GTRP APAC)-2025 KAI:
1. Best Direct Response – Hanefi (Gold)
2. Best Customer Loyalty – Romandani Adyan (Gold)
3. Best Public Services Center – Asbah Muniroh (Gold)
4. Best Customer Service Team – Sabarian Nugraha & Roudlotul Fithriyah (Gold)
5. Best Customer Experience Branch – Yosep Ali Akbar (Gold)
6. Best Employee Engagement – Feby Pratama (Silver)
7. Best Use of Social Media – Sabarian Nugraha (Silver)
8. Best Contact Center – Hanefi (Silver)
Vice President Public Relations KAI Anne Purba menjelaskan bahwa penghargaan ini menjadi bentuk validasi atas transformasi berkelanjutan yang dilakukan KAI, khususnya dalam mendengar dan merespons pelanggan.
“Layanan pelanggan KAI bukan hanya menjawab pertanyaan, tapi menjadi sumber arah dalam menyempurnakan pelayanan,” kata Anne..
Selama lima tahun terakhir (2020–2024), contact center KAI121 telah melayani lebih dari 12,3 juta interaksi pelanggan melalui kanal telepon, email, media sosial, dan aplikasi Access by KAI. Pada semester pertama tahun 2025 saja, tercatat sudah 1.580.684 interaksi, dengan media sosial sebagai kanal dominan, menunjukkan peningkatan preferensi pelanggan terhadap layanan berbasis digital.