Home > Peron

KAI Permudah Proses Pembatalan Tiket

Sebagian besar tiket dapat dibatalkan secara online melalui Access by KAI.
Ilustrasi. KAI menghadirkan fleksibilitas layanan pembatalan tiket sesuai kondisi perjalanan masing-masing pelanggan. (Foto: Humas PT KAI)
Ilustrasi. KAI menghadirkan fleksibilitas layanan pembatalan tiket sesuai kondisi perjalanan masing-masing pelanggan. (Foto: Humas PT KAI)

JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus memperluas kemudahan layanan pembatalan tiket kereta api, baik secara daring melalui aplikasi Access by KAI maupun secara langsung di stasiun-stasiun yang telah ditetapkan.

Hingga saat ini, sebanyak 65 stasiun di seluruh wilayah operasional KAI melayani pengajuan pembatalan dan pengambilan bea tiket yang dibatalkan.

Vice President Public Relations KAI Anne Purba menyampaikan bahwa KAI menghadirkan fleksibilitas layanan pembatalan tiket sesuai kondisi perjalanan masing-masing pelanggan.

“Sebagian besar tiket dapat dibatalkan secara online melalui Access by KAI. Namun, untuk kondisi tertentu, seperti pembatalan tiket KA Kuala Stabas, KA Rajabasa, dan KA Bukit Serelo, proses pembatalan hanya dapat dilakukan secara manual di loket stasiun pembatalan,” jelas Anne.

Syarat dan Ketentuan Pembatalan Online melalui Access by KAI:

Pembatalan dapat dilakukan maksimal 2 jam sebelum keberangkatan KA, dengan status kode booking Paid.

• Pemohon adalah penumpang yang terdaftar di aplikasi Access dengan akun pribadi.

• Pembatalan dikenakan bea 25% dari harga tiket (di luar biaya pemesanan).

• Dana dikembalikan melalui transfer bank atau e-wallet ke rekening salah satu penumpang dalam kode booking.

• Proses pengembalian dana membutuhkan waktu estimasi 7 hari kerja.

• Jika terdapat kesalahan input data rekening, proses pembatalan online akan gagal dan pelanggan dapat melanjutkan pembatalan secara manual di loket stasiun.

Beberapa kondisi lain yang memerlukan pembatalan manual di stasiun:

* Kode booking sudah lewat 2 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

• Kesalahan input data rekening saat pengajuan pembatalan online.

• Tiket terbit dari program promo tertentu yang tidak memungkinkan pembatalan online.

• Kode booking tidak ditemukan atau tidak sinkron di sistem aplikasi.

• Gangguan teknis sistem atau verifikasi data pribadi yang memerlukan validasi tambahan.

× Image