Home > Restora

Liburan Long Weekend Naik Kereta Api Bersama Anak Biar Makin Seru, Ini Tipsnya!

Aplikasi Access by KAI memudahkan Anda dalam memesan tiket kereta.
Ilustrasi. Kereta api bisa menjadi moda transportasi pilihan untuk berlibur bersama anak-anak saat liburan panjang akhir pekan. (Foto: Dok. Humas PT KAI)
Ilustrasi. Kereta api bisa menjadi moda transportasi pilihan untuk berlibur bersama anak-anak saat liburan panjang akhir pekan. (Foto: Dok. Humas PT KAI)

JAKARTA -- Pekan ini ada liburan panjang di akhir pekan (long weekend). Kereta api bisa menjadi moda transportasi pilihan untuk berlibur bersama anak-anak. Mengajak mereka keluar kota dapat memberikan pengalaman baru yang berharga. Nah, biar lebih seru perjalanannya, ini ada tujuh tipsnya!

1. Manfaatkan Aplikasi Access by KAI

Aplikasi Access by KAI memudahkan Anda dalam memesan tiket kereta. Unduh aplikasinya dari Apple Store atau Google Play, lalu masuk dengan nomor ponsel atau akun Google Anda. Pilih tanggal, tujuan, dan jadwal keberangkatan yang sesuai dengan preferensi Anda.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur unggulan, termasuk layanan tambahan seperti pemesanan makanan, taksi, bus, dan hotel. Dengan fitur e-boarding pass, Anda bahkan tidak perlu mencetak tiket, cukup tunjukkan barcode Anda kepada petugas atau gunakan fitur face recognition jika tersedia. Untuk anak-anak di bawah 3 tahun, meskipun tiket reguler tidak dibutuhkan, Anda perlu membuat tiket infant melalui aplikasi Access by KAI atau di loket pemesanan di stasiun.

2. Pesan tiket kereta jauh-jauh hari

Penting untuk memesan tiket kereta jauh-jauh hari, terutama jika Anda bepergian dengan anak-anak. Tiket dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI atau secara online melalui situs web resmi KAI dan mitra resmi lainnya.

Anda dapat memesan tiket hingga 30 hari sebelum keberangkatan. Selain bisa mendapatkan harga lebih murah, memesan tiket dengan lebih awal juga memungkinkan Anda untuk memilih tempat duduk yang nyaman bagi Anda dan anak-anak.

3. Jangan telat datang ke stasiun

Pastikan Anda tiba di stasiun dengan cukup waktu sebelum keberangkatan kereta. Cek jadwal keberangkatan dengan seksama untuk menghindari keterlambatan. Usahakan tiba minimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan untuk menghindari kemacetan di jalan raya khususnya di kota-kota besar dan memberi kesempatan kepada Anda dan anak-anak untuk menikmati suasana stasiun serta menikmati kuliner di sana. Rugi kan kalo sampai liburan bersama anak-anak jadi batal karena ketinggalan kereta?

4. Bawa barang bawaan secukupnya

Meskipun Anda naik kereta sambil membawa anak, perhatikanlah barang bawaan yang dibawa. Pilihlah barang-barang yang penting bagi Anda dan tentunya kebutuhan anak selama perjalanan dengan kereta. Hindarilah membawa barang berlebihan yang dapat menyulitkan Anda saat naik dan turun kereta.

Jika Anda memerlukan bantuan untuk membawa barang ke dalam kereta, Anda juga dapat memanfaatkan jasa porter yang tersedia di stasiun keberangkatan maupun kedatangan. Pastikan untuk selalu mengawasi barang bawaan Anda dan hindari agar tidak tertinggal di stasiun atau di dalam kereta.

5. Selalu awasi anak Anda

Keselamatan anak adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Sebagai orang tua, Anda berkewajiban untuk mengawasi aktivitas anak, terutama di stasiun dan dalam perjalanan dengan kereta api. Stasiun kereta seringkali ramai dan memiliki aktivitas operasional kereta yang perlu diwaspadai.

6. Manfaatkan fasilitas ramah anak

Bagi orang tua yang memiliki anak-anak aktif dan gemar bermain, tidak perlu khawatir karena di stasiun telah disediakan 36 fasilitas taman bermain anak dengan permainan lengkap yang tersebar di berbagai stasiun wilayah operasional KAI. Anda dapat memanfaatkan taman bermain anak ini sehingga anak-anak tetap merasa nyaman dan gembira saat menunggu keberangkatan kereta.

Selain itu, di stasiun juga tersedia 129 ruang laktasi/menyusui yang dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti sofa, kulkas, dan wastafel. Ruangan-ruangan tersebut juga dilengkapi dengan pendingin udara yang suhunya dapat diatur untuk memberikan kenyamanan kepada bayi/balita.

7. Nikmati kuliner dengan Railfood

Perjalanan dengan kereta api bersama anak bukan hanya sekadar mencapai tujuan, tetapi juga tentang pengalaman menikmati kuliner di dalam kereta. Anda tidak perlu khawatir akan kelaparan, karena berbagai menu kuliner khas kereta api tersedia selama perjalanan. Anda dapat memesan makanan langsung dari tempat duduk Anda melalui menu "Railfood" di aplikasi Access by KAI. Setelah memesan, makanan akan disiapkan dan diantar langsung oleh petugas ke tempat duduk Anda.

Namun, jika Anda ingin menikmati pengalaman kuliner yang berbeda, Anda dapat mengunjungi kereta makan yang terletak di antara kereta penumpang. Kereta makan ini memiliki desain ruangan dan tempat duduk yang nyaman dan mewah, terutama pada rangkaian kereta stainless steel generasi baru.

VP Public Relations KAI Joni Martinus, menyatakan bahwa perjalanan bersama anak-anak seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua. Namun, dengan perencanaan yang matang, perjalanan dengan anak-anak bisa menjadi momen berharga dalam menikmati liburan keluarga.

× Image