Home > Loko

Petugas KAI Sigap Berikan Pertolongan Ibu yang akan Melahirkan di KA Sembrani

Menjelang memasuki Stasiun Tegal, penumpang KA Sembrani tersebut merasakan sakit pada perutnya.
Ilustrasi. Kepadatan calon penumpang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, saat momen Lebaran 2024, April. (Foto: Humas PT KAI)
Ilustrasi. Kepadatan calon penumpang di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, saat momen Lebaran 2024, April. (Foto: Humas PT KAI)

JAKARTA -- Petugas PT Kereta Api Indonesia (Persero) berhasil memberikan pertolongan cepat dan tepat terhadap penumpang ibu hamil yang kedapatan akan melahirkan saat menggunakan perjalanan kereta api.

Penumpang atas nama Meliana yang sedang hamil tersebut didampingi oleh sang suami ingin mudik menggunakan KA Sembrani keberangkatan Rabu (10/4) dengan relasi Bekasi - Cepu.

Menjelang memasuki Stasiun Tegal, penumpang KA Sembrani tersebut merasakan sakit pada perutnya. Selanjutnya petugas KA Sembrani dengan dibantu oleh penumpang lain yang berprofesi dokter anak di Rumah Sakit Kariadi Semarang bernama Rina Pratiwi dan bidan Puskesmas Senen Jakarta bernama Feni Wulandari, memberikan pertolongan awal.

Kemudian penumpang tersebut dibawa ke Poskes Tegal dan dirujuk ke Rumah Sakit Islam Harapan Anda, Tegal. Berkat kesigapan dan kesiapan seluruh unsur petugas Kesehatan, akhirnya Bayi berjenis kelamin laki -laki berhasil dilahirkan secara normal.

“Atas kejadian tersebut KAI memberikan apresiasi kepada tenaga kesehatan yang telah membantu ibu yang sedang dalam proses melahirkan di kereta api serta tim KAI yang responsif untuk membantu,” kata VP Public Relation KAI Joni Martinus.

Joni melanjutkan, KAI memiliki ketentuan bagi ibu hamil yang menggunakan jasa kereta api. Bagi penumpang yang hamil 14 s.d 28 minggu wajib untuk didampingi 1 penumpang dewasa. Adapun jika di luar usia kehamilan 14 s.d 28 minggu, wajib menyertakan keterangan dokter kandungan/bidan yang menyatakan:

-Usia kehamilan pada saat pemeriksaan,

-Kandungan dalam keadaan sehat,

-Tidak ada kelainan dalam kandungan,

-Wajib didampingi oleh minimal 1 orang pendamping dewasa.

× Image