Home > Loko

Jalur Ganda Mojokerto-Sepanjang Dioperasikan, Persingkat Distribusi Orang dan Barang

Pengoperasian jalur ganda itu juga ditujukan untuk menghindari persilangan kereta api yang melewati jalur tersebut.
Ilustrasi. Terhitung mulai 1 Desember 2023 jalur ganda kereta api antara Stasiun Mojokerto - Stasiun Sepanjang telah dioperasikan. (Foto: Dok. Humas PT KAI)
Ilustrasi. Terhitung mulai 1 Desember 2023 jalur ganda kereta api antara Stasiun Mojokerto - Stasiun Sepanjang telah dioperasikan. (Foto: Dok. Humas PT KAI)

JAKARTA -- Mulai 1 Desember 2023 jalur ganda kereta api antara Stasiun Mojokerto - Stasiun Sepanjang telah dioperasikan.

Pengoperasian jalur KA sepanjang 33 KM tersebut dilakukan setelah proses peralihan (switch over) dari jalur tunggal ke jalur ganda yang dilakukan pada Kamis (30/11) malam s.d Jumat (1/12) dinihari berlangsung dengan lancar dan sesuai program.

Pengoperasian jalur ganda KA pada lintas Sepanjang-Mojokerto ini bertujuan untuk memangkas waktu tempuh perjalanan KA, meningkatkan frekuensi KA, dan menghindari persilangan kereta api yang melewati jalur tersebut.

KAI Daop 8 Surabaya menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung pengerjaan jalur ganda lintas Sepanjang-Mojokerto ini. Jalur ganda ini diharapkan dapat membawa banyak manfaat langsung bagi pelanggan terutama dalam hal peningkatan efisiensi waktu tempuh dan peningkatan frekuensi perjalanan KA ke depannya.

Daop 8 juga juga menyampaikan permohonan maaf karena saat ini beberapa KA yang akan melewati lintas Sepanjang-Mojokerto tersebut masih akan diperlambat kecepatannya menjadi maksimal hanya 60 km/jam dari 110 km/jam pada Grafik Perjalanan KA (Gapeka) 2023.

Pembatasan kecepatan ini akan berlangsung sembari dilakukan pengawasan bersama antara KAI Daop 8 Surabaya dan Balai Teknik Perkeretapian Kelas 1 Surabaya. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan, apabila pemeriksaan oleh petugas dinilai telah stabil, maka lintas tersebut dapat dilalui oleh KA dengan kecepatan sesuai Gapeka 2023.

× Image